Inilah Jenis dan Bahan Matras Yoga Yang Harus Kamu Ketahui

Beragam jenis pilihan matras yoga dengan berbagai kelebihannya. Mungkin Anda menganggap matras untuk yoga sama dengan matras olahraga lainnya. Padahal matras yang digunakan oleh olahraga yang identik dengan asana ini berbeda dalam segi jenis dan bahan. Inilah jenis dan bahan matras yang digunakan olahraga yoga.

matras yoga

Jenis Matras Yoga

1.Matras Perjalanan

Sesuai dengan namanya, matras perjalanan digunakan untuk aktivitas yoga di luar. Sifat matras ini adalah portable karena mudah dilipat dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Sayangnya, matras ini memiliki tingkat ketebalan dan kepadatan kurang baik.

2.Matras Universal

Matras yoga universal sangat mudah ditemui dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Ciri khas dari matras universal adalah permukaan yang lengket namun memiliki tekstur halus sehingga lebih nyaman ketika dipakai.

Matras universal termasuk dalam kategori matras yang stabil untuk digunakan pada kegiatan yoga ringan.

3.Matras Untuk Pemula

Matras tipe lululemon dan manduka bisa menjadi pilihan untuk pemula dalam yoga. Namun, matras lululemon lebih populer di kalangan pemula karena tidak licin, dan memiliki tingkat kekenyalan yang sesuai. Kekurangan matras lululemon lebih mudah tergores dibanding matras manduka.

4.Matras Utopis

Matras ini memiliki tingkat densitas bahan yang baik sehingga akan menghindarkan cedera ketika digunakan. Matras ini pun anti slip karena terbuat dari PVC. Jika mendapatkan tekanan, matras utopis akan kembali kebentuk semula.

5.Matras Ashtanga

Matras yang memang dikhususkan untuk jenis yoga ashtanga ini terbuat dari katun atau rami. Bahan matras tersebut sesuai dengan yoga ashtanga yang cukup menguras keringat. Matras ashtanga memiliki ketebalan yang sedikit lebih tebal dibanding matras yoga tipe lain.

Bahan Matras Yoga

1.Rami

Matras berbahan rami dikenal sebagai matras ramah lingkungan dan memiliki daya serap keringat yang tinggi. Namun, matras rami kurang disarankan untuk pemula dalam yoga karena kurang nyaman ketika mengubah gerakan dan memiliki tekstur yang kurang bagus.

2.Katun

Matras yoga berbahan katun memiliki kelebihan yang hampir sama dengan matras rami. Matras katun dibuat dari serat alami yang mampu menyerap keringat dengan baik dan tentu ramah lingkungan. Namun, jika Anda menggunakan matras katun mungkin akan merasakan sensasi kurang nyaman karena tubuh yang akan bergesekan dengan permukaan matras saat bergerak.

3.Karet

Kelebihan matras yoga berbahan karet adalah daya fleksibilitas yang tinggi. Matras karet pun termasuk tidak mudah bergeser karena menempel dengan lantai. Namun, Anda harus berhati-hati memiliki kualitas matras karet karena berpotensi terjadi alergi jika memiliki kulit yang sensitif.

4.PVC (Poly Vinyl Carbonate)

Matras berbahan PVC menjadi pilihan terbaik karena tidak mudah bergeser saat di lantai sehingga Anda tidak akan terpeleset. Sayangnya, matras PVC tidak menyerap keringat sehingga tidak disarankan untuk penggiat yoga ashtanga atau bikram.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Matras Beladiri Murah
Send via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: