Cara Memilih dan Tips Jitu Merawat Matras Aikido

Matras aikido adalah salah satu peralatan atau atribut yang wajib ada di setiap praktik beladiri aikido. Matras ini memiliki fungsi utama sebagai alas yang akan menopang pelaku beladiri aikido ketika sedang dalam sebuah pertandingan atau latihan. Matras ini pun penting untuk mencegah atau meminimalisir cedera yang berisiko terjadi ketika pelaku beladiri dijatuhkan atau dibanting oleh lawan.

Matras untuk aikido sendiri sudah banyak yang merupakan buatan dalam negeri. Sehingga, matras untuk aikido bisa dengan mudah ditemukan secara online maupun di toko olahraga terdekat. Namun, sudah tahukah Anda tips memilih dan merawat matras aikido yang baik dan benar? Berikut akan dipaparkan uraian selengkapnya. Sebelumnya, yuk membahas sedikit tentang apa itu beladiri aikido.

matras aikido

Apa Itu Olahraga Beladiri Aikido?

Olahraga aikido merupakan beladiri yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Ilmu beladiri ini sudah eksis sejak tahun 1800-an dan akarnya diambil dari tradisi beladiri keluarga istana. Di Indonesia, beladiri aikido mulai berkembang sejak tahun 1970-an. Pada tahun 1994 pun didirikanlah Yayasan Keluarga Beladiri Aikido Indonesia.

Beladiri satu ini mempunyai prinsip utama mengedepankan prinsip kelembutan. Hal ini terpancar dari mayoritas gerakan aikido yang tidak menangkis atau melawan gerakan lawan melainkan ‘mengarahkannya’ untuk ditaklukkan.

Seperti beladiri Judo dan karate, aikido juga punya sistem tingkatan yang ditandai dengan kepemilikan sabuk warna tertentu. Setiap latihan atau bertanding dalam laga beladiri aikido, pelaku wajib mengenakan seragam aikido dan berpijak di atas matras aikido.

Tips Memilih Matras Aikido

  1. Perhatikan Ukuran Matras

Ukuran matras untuk aikido umumnya punya luas 1 x 2 meter. Sedangkan dari segi ketebalannya dimulai dari ukuran 4 cm hingga 7 cm. Ukuran matras yang ideal menjadi kunci kesuksesan pertandingan atau latihan beladiri aikido. Dengan begini, pelaku beladiri bisa bergerak dengan leluasa tanpa perlu takut terjatuh pada posisi yang salah.

  1. Periksa Tingkat Redam Matras

Tingkat redam matras punya pengaruh yang sangat besar terhadap kelangsungan pertandingan atau latihan beladiri seperti judo dan aikido. Pasalnya, olahraga berdiri tersebut erat kaitannya dengan teknik bantingan, kuncian, hingga lemparan. Matras dengan tingkat redam yang baik berarti memiliki ketebalan matras yang sesuai dengan standar internasional.

  1. Pilih Bahan Matras Terbaik

Bahan matras yang tradisional dari Jepang sebenarnya terbuat dari alang-alang yang dianyam sedemikian rupa. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, bahan matras untuk aikido dikembangkan ke bahan jenis sintetis. Bahan ini diklaim lebih kuat dan lebih aman digunakan oleh para pelaku beladiri aikido. Oleh karena itu, jangan segan untuk bertanya soal bahan dasar matras pada penjual matras.

Cara Merawat Matras Olahraga Aikido

  1. Rutin Dibersihkan

Segera cuci matras ketika matras mulai menampakkan noda dan bekas kotoran. Mencucinya tidak boleh dengan kasar melainkan memakai sikat dengan bulu lembut. Saat menyingkirkan air dari matras sebelum dijemur, jangan diperas. Dikhawatirkan matras akan sobek atau mendapatkan perubahan tekstur menjadi keriput. Sebaiknya gunakan bantuan handuk yang diinjak-injak di atas matras.

  1. Jangan Sering Terpapar Sinar Matahari

Selesai menggunakan matras, selalu simpan matras dengan rapi di tempat yang tak terkena kontak langsung dengan sinar matahari. Sinar matahari merupakan musuh matras yang akan membuat warna matras gampang pudar. Tak hanya itu, sinar matahari juga dapat menjadi biang kerok yang membuat permukaan matras menjadi getas.

  1. Hindarkan dari Air

Air adalah penyebab matras berubah menjadi lembab. Kalau sudah begini, bakteri dan jamur akan tumbuh dengan subur di matras beladiri aikido Anda. Selain membuat tidak sehat, perkembang biakkan jamur dan bakteri dapat membuat matras beraroma tidak sedap. Oleh sebab itu, pastikan bahwa matras senantiasa terhindar dari air atau cairan jenis apapun.

Harga Matras Olahraga Aikido

Matras aikido harga terjangkau dibanderol mulai kisaran Rp165.000,- hingga Rp297.000,-. Matras dengan harga tersebut punya ketebalan rata-rata sebesar 3 cm saja. Bila inginkan matras dengan ketebalan 4 cm hingga 5 cm, maka siapkan budget mulai Rp370.000,- sampai Rp590.000,-.

Kini Anda sudah mengerti tips terbaik dalam memilih dan merawat matras aikido. Anda juga telah mendapatkan informasi harga matras aikido murah hingga yang mahal. Semoga Anda cepat mendapatkan matras yang dicari.

BANGUNTAPAN MEDAN MAKASSAR CIKANDE KASIHAN SURAKARTA KOTA DENPASAR SIDOARJO SURABAYA KUDUS TULUNGAGUNG KLATEN JEMBER PURWOKERTO MALUKU UTARA NUSA TENGGARA TIMUR KEPULAUAN BANGKA BELITUNG MALUKU SULAWESI BARAT SULAWESI TENGGARA SUMATERA BARAT KALIMANTAN UTARA RIAU SULAWESI TENGAH SUMATERA SELATAN KALIMANTAN TENGAH PAPUA BARAT KALIMANTAN BARAT LAMPUNG NUSA TENGGARA BARAT KALIMANTAN TIMUR KEPULAUAN RIAU KALIMANTAN SELATAN PAPUA SULAWESI SELATAN

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Matras Beladiri Murah
Send via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: